Posted by rampak naong - -

dokumen pribadi
Saya sebenarnya sudah lama melihat wajah laki-laki dalam foto ini. Saya sering melihatnya di jalan raya ketika hendak pergi ke kota. Memakai kaos oblong lusuh, bercelana pendek, dan memakai kopiah. Ia biasanya berjalan kaki. Cuma saya tidak tahu namanya, asalnya, dan keistimewaannya. Yang saya tahu, ia dikenal banyak orang sebagai (maaf) ‘orang gila’.
 
Saya mengenal lebih dalam orang ini ketika saya melayat ke kenalan saya yang keluarganya meninggal. Secara santai di sana ketika kami ngobrol tentang makin kuatnya sikap tidak peduli antar sesama, kenalan saya malah menyebut ‘orang gila’ ini memiliki kepedulian luar biasa.
 
Ia, kata teman saya, telah memperbaiki jalan raya sepanjang 500 meter yang rusak dan berlubang di desa longos, kecamatan Gapura, kabupaten Sumenep dengan  tanah sebagai pengganti aspal. Jalan itu memang rusak berat dan sudah cukup lama dibiarkan oleh pemerintah daerah. Berkat kepeduliannya, orang yang berkendaraan mobil/motor sedikit terbantu karena jalan kembali rata. Saya sendiri  ketika naik motor berangkat melayat memang lewat jalan rusak yang sudah ditambali tanah itu
 
Pada hal orang gila ini tidak memiliki kepentingan apapun dengan rusaknya jalan. Toh untuk ke kota yang jaraknya 20 km dari desa longos, tempat tinggalnya, ia berjalan kaki. Karena inilah teman saya mengajukan pertanyaan,  “masa orang waras kalah sama ‘orang gila’?”. Teman saya yang lain nyeletuk, ”nah itulah masalahnya, sekarang yang waras justru gila, dan yang gila sebenarnya waras”. Kami semua tertawa –lebih tepatnya menertawakan diri—karena dibanding orang gila kami belum berbuat apa-apa untuk kepentingan orang banyak.
 
Dari teman itulah saya mengenal lebih dalam orang gila ini. Namanya pak Emmad. Tinggal di desa Longos, kira-kira 4 km kearah timur desa saya. Ia tidak berkeluarga. Umurnya sekitar 55-60-an. Setiap hari pekerjaannya keluyuran dengan jalan kaki. Termasuk ke kota yang jaraknya 20 km dari rumahnya. Kalau ada orang naik motor yang menawarkan diri untuk memboncengnya, ia tidak pernah mau. Termasuk tawaran angkot juga ditolaknya.  Ketika orang berkomunikasi, ia masih bisa meresponnya. Meski ia lebih asyik dengan dunianya sendiri.
 
Satu sifat lain yang terpuji, meski lapar sekalipun, ia  tak pernah meminta-minta sama orang. Kecuali kalau diberi diambilnya. Tetapi yang sering ia biasanya membantu orang tanpa diminta. Misalnya ngangkut-ngangkut barang di pasar. Atau membantu pekerjaan proyek jalan. Tetapi meski ia suka membantu, ia tidak pernah meminta tip. Kalau diberi diterima. Kalau tidak diberi juga tidak marah. 
 
Kita dan Orang Gila 
Apa yang ada di benak kita ketika melihat orang gila? Yang muncul dalam benak kita adalah sosok orang yang kita anggap sampah. Sosok makhluk asing yang tak pantas berada dalam ruang kita, tempat orang-orang waras menghuni. Mereka adalah the others dalam benak dan kesadaran kita. Satu bentuk ekslusi yang sudah kita bangun di alam pikir terhadap orang yang berbeda, karena keberadaan yang berbeda itu kita anggap sebagai ancaman.

Pandangan yang tidak adil terhadap orang  gila itu kemudian mendorong sikap dan tindakan yang tidak manusiawi terhadapnya. Mulai memandang nanar, membiarkan, mengucilkan, hingga memasungnya yang dalam tradisi masyarakat Madura disebut “ebhelakbhek “.  Perlakuan yang tidak manusiawi ini juga dilakukan oleh pemerintah. Di kabupaten saya baru-baru ini para pengemis dan orang gila “ditertibkan” oleh satpol pp karena dianggap mengganggu keindahan kota. 

Malah sejak abad 19 dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini, orang gila sudah memasuki ruang-ruang akademik. Psikiatri sebagai disiplin ilmu kejiwaan telah mengambil alih definisi gila. Para ahli disiplin ilmu inilah yang menentukan siapa yang disebut waras dan gila, merekomendasikan masuk rumah sakit jiwa, melakukan control dan terapi hingga seseorang disebut waras kembali. Kuasa pengetahuan ini oleh Foucault dianggap lebih refresif daripada represi fisik sebagaimana terjadi sebelumnya, baca. 

Lesson Learned 
Apa yang ditunjukkan pak Emmad yang saya ceritakan di depan, seakan ingin menegaskan bahwa batas waras-gila sebenarnya sangat tipis. Begitu tipisnya hingga logika waras-gila bisa tumpang tindih, bahkan terbalik. Benar apa yang disampaikan teman saya di atas, saat ini yang waras gila, dan yang gila malah waras.

Kegilaaan orang waras saat ini begitu nyata dan bisa kita saksikan dalam keseharian. Dalam keluarga, pasar, jalan raya, sekolah, pemerintahan, parlemen, partai politik, dunia hiburan, media, bahkan ormas keagamaan malah lebih gila. Ya..semacam kegilaan di balik kewarasan. Saling injak, saling serobot, tidak peduli yang lemah, culas, bohong, korup, ngebom, mau menang sendiri, dan entah apa lagi kegilaan kita ini. Kita mungkin perlu belajar dari kewarasan pak Emmad yang oleh orang justru disebut gila.

5 Responses so far.

Wahyudi mengatakan...

Ya, saya pernah melihat Pak Emmad itu membantu perbaikan jalan raya di depan rumah saya (tepatnya 50 km dari rumah saya). Waktu itu saya dan kawan-kawan bermain saya hanya diam menyaksikan wajah senang Pak Emmad yang begitu jelas terlihat saat memikul aspal (baca: kerikil).

Wah sepertinya bila memang benar bahwa yang waras gila dan yang gila waras, perlu didirikan RSJ di tiap desa... Tapi bila dokternya juga gila, bagaimana? Memang sulit menjawab pertanyaan itu. Karena bisa jadi saya pun adalah bagian dari yang gila itu... ^_^

rampak naong mengatakan...

makasih komentarnya yudi..

ya kita terlanjur salah melihat pak emmad..
sekarang batas waras-gila sangat tipis yudi. jangan-jangan saya yang dianggap waras oleh orang, sebenarnya juga gila? kalau semua gila, bingung juga siapa yang waras ya?

Wahyudi Kaha mengatakan...

Maaf ada yang salah, bukan 50 km tapi yang benar 5o m, Pak.

rampak naong mengatakan...

makasih selalu berkunjung ke blog ini.

Anonim mengatakan...

hi rampak-naong.blogspot.com owner discovered your site via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found site which offer to dramatically increase traffic to your blog http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best backlink service Take care. Jason