Posted by rampak naong - -


Setiap kali ada kyai sepuh di kampung yang tekun membangun kesalehan spiritual dan sosial wafat, selalu ada kegelisahan menyelusup di dada. Ketiadaan mereka terkadang menjadikan kehidupan berjalan secara tidak seimbang. Oleng kiri, oleng kanan. Apalagi di tengah kehidupan yang makin gaduh saat ini, baik oleh fundamentalimse agama maupun fundamentalisme pasar yang taringnya menyasar ke desa-desa.

Kyai sepuh bagi saya seolah "pakona dunnya" (paku bumi) yang menjadikan kehidupan dunia berjalan seimbang. Mereka tanpa pamrih  membangun masyarakat Islam, menurut istilah gus dur, dengan menekankan kehidupan penuh keadaban atau akhlak al karimah. Dalam "kompolan" atau lailatul ijtima' tempat mereka mendidik maeyarakat, tak ada pernyataan atau mimpi membangun negara dalam negara, seperti gagasan khilafah misalnya. Yang ditekankan adalah bagaimana menjadi hamba yang baik  hubungannya dengan Pencipta dan sesama dengan mendasarkan diri pada missi kenabian, akhlak al karimah.

Pagi itu, saya memperoleh kabar, guru saya, KH. Moh. Rifa'ie dalam kondisi sakit keras dan dirawat di Puskesmas di Kecamatan saya. Istri saya berangkat duluan membezuknya. Setelah pulang, istri membenarkan bahwa kondisi beliau ibarat menunggu mukjizat untuk pulih.

Jelang waktu dhuhur, saya pun berangkat bersama ketua MWC NU ke puskesmas. Telat. Ternyata beliau sudah dibawa pulang ke rumah beliau, tak jauh dari puskesmas. Kami mengejarnya ke ruman beliau.

Di rumah beliau sudah banyak orang yang menungguinya. Sekedar untuk melihat wajah beliau kami tidak bisa, karena banyak orang mengelilingi tempat beliau direbahkan. Ini menunjukkan bahwa beliau dicintai banyak orang. Kami menunggu di beranda, sampai akhirnya ada yang keluar dari dalam rumah dan meyakinkan bahwa beliau sudah menghadap Allah SWT. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.

Saya mengenal beliau sejak kecil, sebelum saya masuk MI tahun 1975 di kampung saya. Apalagi beliau memang dekat dengan ayah saya. Dan sejak MI di kampung saya berdiri tahun 1963, beliau sudah mengajar di sana. Beliau juga termasuk aktivis Ansor bersama paman saya, terutama pada masa-masa sulit pada tahun 1965/66. Hingga wafat, beliau masih tercatat sebagai mustasyar MWC NU Gapura Sumenep.

Satu hal yang kami saksikan, beliau begitu peduli pada pendidikan madrasah. Hingga 2016 beliau masih mengajar di MTs Nasy'atul Muta'allimin. Karena faktor kesehatan beliau kemudian pamit, meski kepada guru beliau bilang, ingin sekali wafat di saat mengajar.

Saya memperoleh didikan langsung dari beliau ketika di MI dan MTs. Beliau mengajar IPA. Seingat saya beliau memang tidak mengajar di luar pelajaran itu. Meski mengajar ilmu eksak, di setiap pelajaran beliau piawai mengutip ayat-ayat Alqur'an dan dikontekstualisasikan dengan pelajaran IPA. Salah satu contoh, sebagaimana kesaksian Khairul Umam,  ketika beliau menerangkan cahaya yang dikaitan dengan cahaya kunang-kunang. Setelah itu beliau sampaikan ayat dan menerangkan antara cahaya, listrik dan kekuasaan Allah. Kepiawaian seperti ini jarang saya temukan pada guru lainnnya.

Beliau adalah guru yang sangat sederhana. Sejak kenal beliau mulai kanak-kanak hingga saya punya anak tak ada yang berubah, kemana-mana termasuk ketika mengajar beliau naik sepeda ontel tua. Pernah punya motor, tapi cuma hitungan bulan, karena motor beliau, kalau tidak salah, disukai alias dicuri maling. Setelah itu beliau setia ngontel.

Soal waktu , beliau sangat disiplin. Mau ngajar, rapat, undangan beliau tidak pernah lambat. Jika jam 7, beberapa menit sebelum jam 7 beliau sudah datang. Pernah ketika kelas 3 MTs, teman saya selalu datang lambat ke madrasah. Beliau tidak pernah marah, paling cuma ditanyakan alasan kenapa lambat. Teman saya bilang, "membantu orang tua pak".  Besoknya teman saya lambat lagi, tanpa bertanya beliau bilang dengan sabar, "bantu orang tua lagi ya?" Setelah itu, teman saya kapok dan tidak pernah lambat lagi.

Di samping menjadi pengajar formal, beliau juga menjadi pendidik masyarakat. Beliau memimpin lailatul ijtima' atau kompolan dalam istilah Madura. Sebagaimana biasa yang dilakukan para kyai, beliau  menyapa langsung warga dan memahami masalah yang dihadapinya melalui kompolan itu.

Beliau lahir pada tahun 1941 dan wafat dalam usia 76, pada hari kamis, 9 November sekitar jam 11.30. Banyak sekali orang menshalatkan, termasuk murid-muridnya yang sejak dulu hingga sekarang pernah dididik beliau menyatu dalam kedukaan yang mendalam. Allahummagfirlahu warhamhu. Selamat jalan guru.

Setiap kali ada kyai sepuh di kampung yang tekun membangun kesalehan spiritual dan sosial wafat, selalu ada kegelisahan menyelusup di dada. Semoga kami, muridmu, mampu meneladaninya.

Pulau Garam l 13 November 2017